July 28, 2021
BALI

Bantu Tanggulangi Banjir NTT, PMI Bali Galang Donasi

LiterasiPost.com, Denpasar –
Duka mendalam menimpa warga Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Flores Timur, Lembata, dan Sumba Timur. Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Provinsi Negeri Seribu Bukit itu selama beberapa hari terakhir, menimbulkan banjir bandang yang melanda tiga daerah tersebut. Banjir di Flores Timur dan Lembata terjadi sejak Minggu (4/4/2021), sedangkan banjir bandang Sumba Timur terjadi sejak Senin (5/4/2021).

Akibat kejadian itu, ratusan warga terpaksa mengungsi, puluhan orang meninggal dunia, dan beberapa lainnya belum ditemukan. Bencana ini juga mengakibatkan rumah warga terendam, bahkan hanyut terbawa air. Dampak lainnya, beberapa fasilitas umum mengalami kerusakan total, seperti jembatan, jalan, dan layanan listrik yang putus.

BACA JUGA :  Pameran Seni Rupa "Sipp Setiap Saat" Diapresiasi Menparekraf Sandiaga Uno

Tidak tinggal diam, Palang Merah Indonesia (PMI) di NTT telah melakukan upaya penanggulangan di antaranya dengan membentuk Posko Tanggap Darurat Bencana, membangun tenda pengungsian, serta mendistribusikan bantuan hygiene kit atau paket kebersihan dan kesehatan serta family kit atau paket keluarga yang terdiri dari alat masak, ember, selimut, dan lainnya. Selain itu, bekerjasama dengan stakeholder terkait, PMI juga telah melakukan evakuasi korban bencana.

Melihat situasi tersebut pula, PMI Provinsi Bali secara penuh mendukung upaya penanggulangan bencana yang telah dilaksanakan. Dukungan diberikan melalui penggalangan donasi yang akan disalurkan baik dalam bentuk kebutuhan mendesak maupun tenaga terlatih.

BACA JUGA :  HUT Ke-70 Penerangan AD, Penrem 163/Wira Satya Solid Bersama Media

Uluran tangan masyarakat tentu sangat diharapkan untuk membantu mereka yang terkena musibah. Masyarakat dapat memberikan donasi melalui situs https://donasi.pmibali.or.id dan dapat dikirimkan melalui KITA BISA, Transfer Bank, Virtual Account, Gopay, Dana, Genius Pay, Link Aja, Shopee Pay, Credit Card, atau melalui transfer langsung ke rekening Bank Mandiri, nomor 1450004674343 dan rekening Bank BPD Bali, nomor 0110115000539 a.n. PMI Daerah Bali.

Diharapkan dana segera terkumpul sehingga dapat disalurkan untuk membantu Tanggap Darurat Bencana. Selain itu, melalui bantuan ini, diharapkan juga dapat mempercepat pemulihan kondisi masyarakat yang terkena dampak bencana. (igp/r)

Related Posts