May 13, 2021
HUKUM & KRIMINAL

Dideportasi, DPO Interpol Asal Rusia yang Sempat Kabur

LiterasiPost.com, Badung –
Andrey Kovalenko alias Adrew Ayer warga negara Rusia telah selesai menjalani hukuman pidana selama 1 tahun 6 bulan di Lapas Kelas IIA Kerobokan. Yang bersangkutan diserahterimakan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada 3 Februari 2021 untuk dilakukan Proses Tindakan Administrasi Keimigrasian Pendeportasian dan Pengusulan Cekal.

Saat akan dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada 11 Februari 2021, Andrey sempat melarikan diri yang dibantu oleh teman perempuannya bernama Ekaterina Trubkina. Namun berselang 13 hari, Tim Polda Bali dan Tim Imigrasi Ngurah Rai berhasil menangkap kedua WNA tersebut di wilayah Canggu, Kuta Utara tepatnya pada 24 Februari 2021 pukul 01.30 WITA.

BACA JUGA :  Peduli Bencana NTT, Korem 163 Wira Satya dan Jajaran Kumpulkan Bantuan

Andrey Kovalenko alias Adrew Ayer telah didetensi selama 28 hari, dimana 6 hari didetensi di Ruang Detensi Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai sejak 24 Februari 2021 dan selanjutnya sejak 1 Maret 2021 dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bangli selama 22 hari.

“Yang bersangkutan dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian berupa pendeportasian disertai usulan penangkalan terhadap seorang subjek Red Notice Interpol Warga Negara Rusia,” ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, Selasa (23/3/2021).

BACA JUGA :  Lanjutan Pembangunan GOR Jadi Prioritas Usulan Musrenbangcam Dawan

Proses pendeportasian Andrey Kovalenko alias Andrew Ayer ini akan dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai bekerja sama dengan Tim dari Polda Bali dan NCB Divhubinter Polri pada pukul 13.10 WITA dengan pesawat City Link Nomor Penerbangan QG 685 ETD. 13.10 WITA – ETA. 14.10 WIB dari Bandara Ngurah Rai – Bali menuju Bandara Soekarno Hatta – Jakarta.

Subjek Red Notice tersebut selanjutnya meneruskan penerbangan dari Jakarta kembali ke negaranya dengan dikawal oleh dua anggota NCB Interpol Rusia dengan pesawat Singapore Airlines Nomor Penerbangan SQ 965 dari Jakarta menuju Singapura ETD. 19.00 Lt ETA. 21.55 Lt pada 23 Maret 2021, Singapore Airlines Nomor Penerbangan SQ 362 dari Singapura menuju Moskow ETD. 00.05 Lt ETA. 06.10 Lt pada 24 Maret 2021.

BACA JUGA :  Denpasar Dijadikan Contoh Penerapan Tilang Elektronik, Pelanggar Lalin Diketahui Lewat Kamera

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada Mabes Polri, NCB Divhubinter Polri, Polda Bali, Lapas Narkotika Bangli serta seluruh pihak yang telah membantu kelancaran proses pendeportasian ini,” tutupnya. (igp/r)

Related Posts