August 1, 2021
PARIWISATA & SENI BUDAYA

Dukung Kebangkitan Pariwisata dan Ekraf, BNSP Fokuskan Sertifikasi Kompetensi Kerja

LiterasiPost.com, Denpasar –
Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terus mendukung upaya pemerintah dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) pasca pandemi Covid-19. Upaya tersebut diwujudkan dengan menfokuskan program bantuan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) BNSP tahun 2021 pada sektor-sektor yang sangat terdampak pandemi, seperti pariwisata.

“Salah satu bantuan PSKK diberikan melalui LSP Pariwisata Bali Internasional untuk mensertifikasi SDM bidang hotel dan restoran, antara lain Hotel Four Season, Alila, Sovereign, Grand Inna dan lainnya,” kata Komisioner BNSP, Bonardo Aldo Tobing saat melakukan kunjungan di Sekolah Perhotelan Bali (SPB) serta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Denpasar dalam rangka monitoring PSKK, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA :  Bangkitkan Kejayaan Piringan Hitam, "International Record Store Day Bali" Kembali Digelar

Dikatakan Bonardo, BNSP memastikan pelaksanaan PSKK tetap menerapkan prinsip penjaminan mutu sertifikasi agar pengakuan yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan.

“Banyaknya sertifikasi kompetensi SDM pariwisata khususnya di Bali sebagai bukti pengakuan kompetensi diharapkan dapat memberi sumbangsih bangkitnya sektor pariwisata Indonesia pascapandemi Covid-19,” jelasnya.

Komisioner BNSP, Bonardo Aldo Tobing saat melakukan monitoring PSKK di Sekolah Perhotelan Bali (SPB) serta Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Denpasar. (Foto: ist)

Pihaknya menegaskan bahwa sertifikasi kompetensi merupakan keniscayaan di era revolusi industri (RI) 4.0 dan pandemi ini, dimana persaingan SDM semakin ketat sehingga dituntut harus kompeten di bidangnya serta menguasai teknologi.

“Maka dari itu kolaborasi antara industri, lembaga pendidikan atau pelatihan dan sertifikasi menjadi penting ke depannya,” tutup Bonardo. (igp/r)

Related Posts