April 23, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Prima Medika Hospital Siap Layani Vaksinasi Bagi Masyarakat

LiterasiPost.com, Denpasar –
Prima Medika Hospital mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi guna memutus penyebaran Covid-19. Terbukti, sebanyak 93,7 persen tenaga kesehatan (Nakes) di rumah sakit tersebut telah menjalani vaksinasi.

“Sejak awal dimulainya program vaksinasi bagi Nakes kita ikuti, dari vaksinasi tahap pertama dan vaksinasi masal. Dari 562 orang Nakes dan karyawan yang ada di sini, sebanyak 527 orang sudah divaksin. Sisanya ada yang tidak lolos skrining, menderita komorbid, hipertensi, diabetes, auto imun dan terkonfirmasi Covid-19,” kata Direktur Prima Medika Hospital, dr. Putu Dian Ekawati, MPH ketika ditemui di Denpasar, Jumat (26/2/2021).

(Foto: igp)

Pelaksanaan vaksinasi bagi Nakes dan karyawan Prima Medika Hospital dilakukan di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) terdekat, salah satunya Puskesmas Densel I.

“Saat ini pelayanan vaksinasi Covid-19 hanya dilakukan oleh Fasyankes milik pemerintah, maka sebagian besar dari kami pun menjalani vaksinasi di Puskesmas terdekat,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Wagub Cok Ace Paparkan Kesiapan Bali Buka Pintu Masuk Internasional

Terkait vaksinasi bagi masyarakat umum yang akan berlangsung pada tahap berikutnya nanti, Prima Medika Hospital telah mendapatkan penunjukan sebagai Fasyankes. Menurut dr. Dian, pihaknya telah siap 100 persen.

“Kami sudah siagakan tempat di basement, SDM sudah dilatih sebagai vaksinator dan ikut diperbantukan pada vaksinasi masal beberapa waktu lalu. Sebelumnya juga kami sudah melakukan simulasi dan telah mendapatkan verifikasi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Vaksin Covid-19 Didistribusikan, Denpasar Dapat Jatah Terbanyak

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, Prima Medika Hospital nantinya diberikan jatah 100 orang per hari. Untuk itu pihaknya pun sudah menyiapkan dua tim vaksinasi. Ditegaskan, vaksin Covid-19 ini tidak berbahaya dan justru dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Sementara itu Wakil Direktur Umum, Keuangan, SDM dan Operasional, Ni Made Ida Pratiwi Santi, SE.Ak mengajak masyarakat agar tidak takut menjalani vaksinasi Covid-19.

Suasana pelayanan di Prima Medika Hospital. (Foto: igp)

“Kita sebagai warga negara telah disediakan vaksin secara gratis oleh pemerintah. Maka dukunglah program itu karena dapat meningkatkan imun dan terhindar dari Covid-19 sehingga terwujud derajat kesehatan masyarakat yang baik,” ungkapnya.

Ida Pratiwi menambahkan selama pandemi Covid-19 ini pelayanan di Prima Medika Hospital secara umum masih berjalan normal. “Secara umum masih seperti biasa melayani pasien, hanya saja di Poliklinik pada Sabtu-Minggu kami tutup. Namun kami akui ada penurunan jumlah kunjungan pasien sekitar 50 persen,” pungkasnya. (igp)

Related Posts