December 1, 2021
EKONOMI & PERBANKAN

Kunjungi Rumah BUMN PLN, Staf Khusus Kemen-BUMN Minta Ada Kolaborasi

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | PT PLN (Persero) UID Bali menerima kunjungan Staf Khusus III Menteri BUMN bidang Komunikasi Publik, Arya Sinulingga di Rumah Kreatif BUMN Denpasar, Jalan Raya Sesetan. Rumah kreatif yang dikelola oleh PLN sejak tahun 2017 ini membina sebanyak 700 lebih UMKM.

Dalam kunjungannya tersebut, Arya beserta rombongan berdiskusi dengan pengurus Rumah Kreatif BUMN serta dengan berbagai perwakilan BUMN lain seperti Pelindo, Telkom, ITDC, BRI dan PNM.

BACA JUGA :  Satu Dasawarsa OJK, Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga dan Tumbuh Positif

“Kami berharap Rumah BUMN dapat dijadikan tempat untuk berkolaborasi antar BUMN setempat, sehingga antar BUMN bisa saling simbiosis mutualisme dan juga mampu menerima manfaat dari UMKM ini untuk perkembangan bisnis BUMN itu sendiri,” jelas Arya.

Dirinya juga menegaskan kolaborasi ini ke depannya dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan sesuai kebutuhan dari UMKM dan BUMN, sehingga baik UMKM maupun BUMN pembina dapat lebih cepat berkembang dan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid -19.

BACA JUGA :  Kolaborasi BPR dengan Fintech Lending, Arya Amitaba: Tetap Berhati-hati

“Perlu diformulasikan lebih jauh, kolaborasi yang tepat yang mampu mengakomodir kebutuhan dari masing-masing baik UMKM maupun BUMN pengelola, yang tentunya akan melihat tren dan perkembangan bisnis ekonomi yang ada saat ini,” ungkapnya. 

Pada pemaparan oleh pengelola Rumah Bumn, Ngurah Satria Dalem Mandala, bahwa saat ini Rumah BUMN binaan PLN  telah memiliki lebih dari 230 UMKM binaan di bidang pangan, 125 UMKM terdaftar di bidang fashion, dan 75 UMKM yang fokus pada usaha crafting.

“Terdapat 712 UMKM yang sudah go modern, yakni yang terdaftar di website Rumah BUMN, dan 58 diantaranya telah mampu go digital, yakni menggunakan medium Social Media untuk memasarkan produknya, serta 21 diantaranya juga telah go online, yakni listing di marketplace,” jelasnya.

BACA JUGA :  Gerakkan Transaksi UMKM, RAMERAME.CO.ID Sebar Voucher Tebus Murah

Pihaknya juga mengatakan bahwa kegiatan Rumah BUMN setiap bulannya juga diikuti secara antusias oleh para anggota khususnya untuk pelatihan berupa pemasaran online, keuangan, dan manajemen. Tidak hanya terpaku pada pemateri, para anggota juga saling berbagi pengetahuan dari yang telah berpengalaman dan lebih mumpuni di bidangnya kepada UMKM lainnya.

“Walaupun kondisi saat ini tidak memungkinkan kami melaksanakan pelatihan secara tatap muka, namun pelatihan secara online juga tidak mengurangi makna pertemuan, malah peminatnya bertambah tak terbatas wilayah,” tutur Ngurah. (igp/r)

Related Posts