January 24, 2022
EKONOMI & PERBANKAN

Luncurkan “KOLABON”, Strategi Kolaborasi Ode.nant Saling Menguntungkan

LITERASIPOST.COM, DENPASAR | Ode.nant Textile berupaya tetap komitmen menggelar silahturahmi dengan Sales Coordinator (SC) serta membernya yang kini mencapai 15 ribu orang, melalui acara “Semarak Ode.nant 2021” yang digelar di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Minggu (28/11/2021). Meski acara yang sebelumnya digelar rutin setiap tahun ini sempat terhenti tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Acara ini juga merupakan apresiasi owner kepada SC berprestasi yang dilihat dari jumlah penjualannya. Sehingga bisa menjadi kompetisi positif bagi para SC serta member lainnya untuk meningkatkan penjualan mereka.

BACA JUGA :  Penuhi Kebutuhan Hari Raya, BI Bali Siapkan Rp4 Triliun Lebih

Semarak Ode.nant kali ini juga diisi dengan pameran produk UMKM yang merupakan kolaborasi Ode.nant dengan Koperasi Katrisma dan Koperasi BSM. Asisten 1 Sekda Provinsi Bali sekaligus Penasehat Koperasi BSM, Gede Indra Dewa Putra, SE. MM., menyampaikan apresiasinya terhadap manajemen Ode.nant Textile yang mampu bertahan di tengah pandemi.

“Kita tahun banyak usaha yang tutup karena pandemi, tapi Ode.nant tetap eksis, bertahan bahkan bisa berkembang dengan baik,” ujarnya.

Gede Indra berharap ke depan Ode.nant mampu mengambil peluang dalam menyukseskan Pergub Bali tentang Penggunaan Busana Endek dan Busana Adat Bali.

BACA JUGA :  Bandara Ngurah Rai Terima Penghargaan Tertib Ukur dari Pemkab Badung

“Pergub tersebut sangat berkaitan dengan bidang usaha yang dijalankan Ode.nant. Pasar terbuka lebar, yang penting harus mampu berinovasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, baik dari segi desain maupun harga,” ucap Gede Indra.

Pemberian reward kepada SC Ode.nant berprestasi juga diapresiasi sebagai salah satu teknik pemasaran yang positif untuk meningkatkan kinerja dan penjualan. Teknik pemasaran semacam ini sering dilupakan pengusaha karena hanya tergiur dengan keuntungan, sehingga penting untuk tetap dipertahankan.

Sementara itu Pimpinan Ode.nant Textile, Cok Istri Mirah, SE. MAP., mengatakan Semarak Ode.nant merupakan bentuk apresiasi terhadap SC Ode.nant yang berprestasi. Dirinya tidak memungkiri penjualan sempat menurun hampir 80% sebagai dampak pandemi, namun pihaknya tidak mau tinggal diam, justru meningkatkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

BACA JUGA :  Ocha Kembali dengan “Bisikan Rindu”

“Untuk bisa bangkit dari dampak pandemi ini kita membuat berbagai program gebrakan untuk tahun 2022 seperti kolaborasi Ode.nant dengan pedagang (Kolabon). Program ini memberikan kemudahan kepada member Ode.nant yang memiliki toko, namun kesulitan dalam permodalan. Program Kolabon memberikan modal kepada pemilik usaha antara 3 hingga 10 juta rupiah berupa produk Ode.nant. Pembayaran bisa dicicil selama 6 bulan dan produk bisa ditukar,” ungkap Cok Istri Mirah.

Program ini diyakini sangat membantu masyarakat utamanya mereka yang ingin memiliki usaha tapi tidak mempunyai modal. Program ini juga minim risiko karena dibantu sepenuhnya oleh BSM. Selain itu barang yang diperjualbelikan tidak bisa kedaluarsa dan dapat ditukar dengan barang lainnya.

BACA JUGA :  Edukasi IKM Bali Bangkit, Bank Indonesia Dorong Digitalisasi dan Pemanfaatan QRIS

Seperti Semarak Ode.nant sebelumnya, kali ini juga memberikan penghargaan kepada SC berprestasi yang dilihat dari penjualannya, serta pelantikan SC. Selain itu dilaksanakan pengundian kupon belanja bagi anggota yang berbelanja dalam kelipatan 20 ribu rupiah, dengan hadiah utama satu unit sepeda motor. Acara semakin semarak dengan diberikannya puluhan doorprize untuk undangan yang datang langsung serta mengikuti kegiatan melalui zoomeet atau Youtube.

Ke depannya Semarak akan digelar tiga tahun sekali, dan untuk agenda tahunan akan diganti dengan gathering anggota. Yang juga tidak kalah menariknya, tetap berkolaborasi dan melahirkan program-program bermanfaat dan menguntungkan bagi semua member serta jaringannya. (igp/r)

Related Posts