June 19, 2021
POLITIK & INSTANSI

Ombudsman Apresiasi Pelayanan Publik Pemkot Denpasar Selama Kepemimpinan Dharma-Negara

LiterasiPost.com, Denpasar –
Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali mengapresiasi berbagai prestasi bidang pelayanan publik masa kepemimpinan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota IGN Jaya Negara selama 2016-2021. Hal tersebut disampaikan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab saat menerima Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kegiatan pemaparan capaian kinerja pelayanan publik kepala daerah masa jabatan 2016-2021 di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (26/1).

BACA JUGA :  MCP Pemkab Klungkung Capai 90,24 Persen

“Kami sangat mengapresiasi dengan sederet prestasi yang dicapai Pemkot Denpasar di dalam pelayanan publik. Ini membuktikan bahwa Pemkot Denpasar betul-betul memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Umar Ibnu Alkhatab mengatakan berbagai kerjasama di dalam memaksimalkan pelayanan publik serta tindak lanjut berbagai persoalan maupun keluhan masyarakat selama ini telah berjalan baik. Kerjasama yang telah dilaksanakan selama ini diharapakan dapat terus ditingkatkan.

“Kami sangat nyaman bekerjasama dengan Pemkot Denpasar di dalam memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat, dengan hal tersebut kami berharap seterusnya dapat dilakukan seperti saat ini dan ke depan bisa ditingkatkan lagi” imbuhnya.

BACA JUGA :  Permintaan Naik Jelang Galungan, Ode.nant Tawarkan Harga Khusus Busana Bali

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam paparannya mengatakan melayani masyarakat yang heterogen merupakan tantangan tersendiri bagi pemimpin daerah, khususnya Denpasar. Jaya Negara mengatakan, dirinya bersama Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra membangun Kota Denpasar dengan berpedoman pada motto “Sewaka Dharma” dimana memiliki arti melayani adalah kewajiban.

“Dengan spirit Sewaka Dharma tersebut dalam memaksimalkan pembangunan sebagai upaya untuk memberikan kesejahteraan rakyat, seluruh perangkat daerah selalu melayani dengan maksimal dan bahagia dalam pengabdian,” ujarnya.

BACA JUGA :  Bangkitkan Kejayaan Piringan Hitam, "International Record Store Day Bali" Kembali Digelar

Dari motto itu terbentuklah Kader Sang Sewakadharma dimana merupakan suatu apresiasi kepada ASN di dalam melaksanakan tugas. Dengan adanya hal tersebut diharapkan terbentuk kompetisi untuk meningkatkan kerja pegawai satu sama lain sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Dari hal tersebut juga dapat menorehkan sederet penghargaan dan prestasi mulai dari tingkat daerah, nasional hingga internasional. Adapun prestasi yang diraih seperti 8 kali berturut-turut opini WTP, peringkat pertama Pemerintah Kota Terinovatif, Inovasi Top 99, Inovasi Top 45, Penghargaan Top 46 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik hingga meraih 4 kali peringkat pertama Keterbukaan Infomasi. Dari sederet prestasi tersebut juga diikuti dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 83,93 serta Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebesar 86,48.

“Dari hal tersebut kami sangat berterima kasih atas kerjasama semua pihak di dalam pembangunan di Kota Denpasar selama ini. Hal tersebut juga menjadi acuan kami di dalam peningkatan pembangunan Kota Denpasar ke depannya,” tutup Jaya Negara. (igp)

Related Posts