August 1, 2021
EKONOMI & PERBANKAN

PLN Peduli Bantu UMKM Gianyar dan Jembrana

LiterasiPost.com, Gianyar –

PLN Peduli kembali menunjukkan kepedulian melalui penyaluran bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada perajin di Gianyar, Jumat (18/6/2021) bertempat di Gedung Serbaguna Kantor PLN ULP Gianyar. Bantuan diserahkan langsung Manager PT PLN (Persero) UP3 Bali Timur, Andre Pratama Djatmiko kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar selaku perwakilan dari para perajin.

Andre menjelaskan bahwa pemberian bantuan ini dimaksudkan untuk membina para perajin melalui pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang marketing.

BACA JUGA :  Makin Moncer, SMK TI Bali Global Badung Pilihan Tepat

“Hari ini, kami berikan bantuan kepada Kelompok Tenun Merak Mas dan Kelompok Perajin Kayu Garuda Kencana antara lain untuk bantuan bahan baku dan pelatihan marketing yang nilainya masing-masing sebesar 35 juta rupiah,” kata Andre.

Ia juga menyampaikan bahwa kelompok perajin ini juga telah dibina PLN sejak tahun 2020.

“Ini merupakan upaya kami untuk mendukung kebangkitan UMKM di masa pandemi Covid-19. Kami berharap agar bantuan ini mampu memberikan motivasi dan semangat kepada para perajin di Gianyar,” jelasnya.

BACA JUGA :  Nyepi, Bandara Ngurah Rai Tutup Operasional Satu Hari

Ni Nyoman Sriani selaku Kepala Bidang Aneka Industri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, menyampaikan apresiasinya kepada PLN karena telah memberikan bantuan kepada UMKM di Gianyar.

“Kami berharap PLN tetap konsisten membantu UMKM yang ada di Gianyar terutama di masa pandemi seperti sekarang ini,” jelas Sriani.

Perwakilan penerima manfaat, I Made Pasek menyampaikan harapannya atas bantuan yang diberikan PLN.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan dan kami berharap bantuan ini dapat membantu menopang perekonomian khususnya di bidang pariwisata di masa sulit seperti saat ini,” katanya.

BACA JUGA :  Pasar Eropa "Fanatik" Vanili Bali, Ini Rahasianya

PLN Peduli kali ini turut menyalurkan bantuan untuk Pembangunan Bale Pawedaan Pura Sakti dan Pembangunan Pengaruman Pura Pejenengan di Desa Tulikup masing-masing Rp50 juta. Bantuan ini dimaksudkan untuk memberikan sarana ibadah yang layak bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu PLN Peduli juga membantu UMKM di Jembrana. Bantuan senilai Rp20 juta diserahkan oleh Manager PLN ULP Negara, Dewa Gede Gina kepada UMKM Kelompok Wanita Tani Perancak melalui Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. PLN melalui program PLN Peduli memberikan bantuan berupa alat pengolahan ikan bedetan yang dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Desa Perancak.

Bupati Tamba menyambut baik sinergi dengan PLN dalam membangun UMKM di Jembrana.

BACA JUGA :  Dukung Bali Bangkit, BI Bersama Korem 163/WSA Gelar Donor Darah dan Plasma

“Kami berharap para pelaku UMKM dapat mengembangkan potensinya sehingga tidak mudah puas dan selalu mengembangkan diri,” jelasnya.

Pemberian bantuan TJSL ini dibarengi dengan demo masak menggunakan kompor induksi untuk mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan alat-alat listrik untuk memasak sehari-hari.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Asisten II Pemkab Jembrana, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Camat Jembrana, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Jembrana, Komang Agus Adinata dan Perbekel Perancak. (igp/r)

Related Posts