June 19, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

PMI Bali Salurkan Bantuan Donatur Untuk Korban Banjir Bandang di Jembrana

LiterasiPost.com, Denpasar –
PMI Provinsi Bali menyalurkan bantuan termin kedua untuk warga yang terdampak bencana banjir bandang di Banjar Loloan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Pengiriman bantuan bersama tim relawan PMI Bali tersebut dilepas oleh Sekretaris PMI Provinsi Bali, IGM Arya Wisnu Mataram bertempat di Markas PMI Provinsi Bali, Jl. Imam Bonjol No. 182 Denpasar, Senin (25/1/2021).

Bantuan yang digalang oleh PMI Bali kali ini berasal dari warga Muslim di wilayah Kecamatan Kuta dan Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, dan dihimpun melalui Pengurus Mesjid Raya Istiqomah Kuta Permai. Bantuan yang terkumpul kali ini berupa Family Kits (perlengkapan keluarga) yang bersifat mendesak, seperti sembako, pakaian layak pakai, alat-alat memasak, popok bayi dan uang.

BACA JUGA :  Personel Polda Bali dan Jajaran Jalani Vaksinasi Covid-19

“Kami (PMI) sebagai organisasi sosial kemanusiaan selalu siap siaga memberikan bantuan kebencanaan di manapun baik dalam pengerahan relawan maupun berupa material, termasuk edukasi. Kami menyampaikan terimakasih kepada para donatur yang sudah memberikan bantuan, dan hari ini kami salurkan kepada para korban di Jembrana,” ujar Arya Wisnu Mataram.

Pihaknya berharap dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini, ditambah masih merebaknya pandemi Covid-19, agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya, serta selalu menjaga kesehatan diri. “Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang potensi kebencanaan sehingga bisa diantisipasi sejak dini,” imbuhnya.

Sekretaris PMI Provinsi Bali, IGM Arya Wisnu Mataram melepas rombongan PMI Bali beserta paket bantuan ke Jembrana. Foto : igp

Sebelumnya, PMI Provinsi Bali dan PMI Kabupaten Jembrana telah melakukan monitoring dan menyerahkan bantuan berupa paket Hygienese Kits dan terpal kepada 14 KK (46 jiwa, termasuk balita dan anak-anak) yang menjadi korban banjir bandang. Bantuan secara simbolik diterima oleh Kepala Desa Medewi, kemudian diteruskan ke posko tanggap bencana di desa setempat.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Bali, H. Agus Bambang Priyanto, SH yang terjun langsung ke lokasi bencana, menyampaikan bahwa kondisi warga yang terdampak bencana tersebut sangat memprihatinkan. Sebagian besar rumah warga tergenang air dan lumpur. Ada pula beberapa rumah yang rusak, bahkan hingga tanah rumahnya tergerus banjir.

BACA JUGA :  MCP Pemkab Klungkung Capai 90,24 Persen

“Sungguh memprihatinkan, ada yang rumah dan tanahnya tergerus, sekarang tinggal serifikatnya saja. Saat ini warga yang terdampak mengungsi sementara di sebuah areal tinggi yang tak jauh dari lokasi rumah mereka. Kebutuhan yang mendesak adalah bahan-bahan makanan, pakaian, alat-alat dapur dan perlengkapan bayi, semua sudah terpenuhi. Paket bantuan kali ini akan kami salurkan langsung kepada korban,” sebut Haji Bambang yang loyalitasnya sebagai relawan tak diragukan lagi sejak Bom Bali I silam.

Seperti diketahui, banjir bandang menerjang aliran Sungai Yeh Satang di Banjar Loloan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana pada Jumat (15/1/2021) lalu. Kejadian tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Akibatnya, sebanyak 14 KK yang tinggal di bantaran sungai tersebut terdampak. (igp)

Related Posts