March 8, 2021
BALI

PLN Peduli Bersama Pokdarwis Ambengan Ijo Gading Lakukan Tanam Pohon

LiterasiPost.com, Jembrana –
Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat pemuda-pemudi Kelurahan Loloan Kabupaten Jembrana untuk tetap melestarikan alam dan lingkungan sekitar Sungai Ijo Gading. Awalnya sampah banyak menumpuk di sekitar sungai yang menjadikannya kumuh.

Pemuda-pemudi sekitar yang menamakan diri sebagai Kelompok Sadar Wisata Ambengan Ijo Gading, menggandeng PLN Peduli sejak Agustus 2020 telah berupaya mengubah wajah kumuh Sungai ijo Gading menjadi lingkungan yang asri dan mampu memberi manfaat lebih bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA :  Relawan Golkar Panjer dan Sidakarya Siap Menangkan AMERTA

Bantuan yang diberikan PLN melalui Program PLN Peduli sebesar Rp70 juta yang dimanfaatkan untuk pembuatan panggung dan mini bar, rumah baca lengkap dengan fasilitas pendukungnya serta peralatan bermain di sungai yakni kano.

Diawali dengan pengembangan kawasan wisata air, saat ini bantaran sungai juga dimanfaatkan sebagai lokasi hiburan rakyat yang dilengkapi dengan fasilitas panggung, tempat wisata kuliner lokal, perpustakaan keliling, serta taman bermain ramah anak. Dengan adanya fasilitas ini, kreatifitas para pemuda juga dapat diasah melalui berbagai pertunjukan seni lokal baik tari-tarian maupun seni lainnya yang dipentaskan secara berkelanjutan. Tentunya hal ini mendukung pelestarian tradisi dan budaya Loloan.

BACA JUGA :  Kasad Rotasi Pimpinan Jabatan Penting di Jajaran TNI AD

Tidak hanya itu warga sekitar juga secara aktif melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah penanaman pohon dan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan secara berkala bersama stakeholder. Seperti pada Jumat (29/1/2021), Ketua Ambengan Ijo Gading dan seluruh anggota Pokdarwis menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih dan penanaman pohon di sepanjang Sungai Ambengan Ijo Gading, dengan mengajak Lurah Loloan IBK Wibawa Manuaba, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas, Kepala Lingkungan Loloan Timur serta Manager dan Pegawai PLN ULP Negara.

Lurah Loloan, IBK Wibawa Manuaba menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah mendukung lestarinya sungai di Loloan, karena sungai dan lingkungan merupakan aset bersama yang harus dijaga. Ia juga berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi lingkungan lain.

“Terimakasih kepada PLN Peduli yang telah memberikan perhatian khusus dan dukungan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kelompok pemuda di Loloan ini. Mudah-mudahan dukungan dari pihak lain juga dapat terus terbina sehingga kegiatan ini dapat berkelanjutan,” jelasnya.

BACA JUGA :  250 Wastafel Didistribusikan Kepada Seluruh Kodim di Bali

Manager ULP Negara, Dewa Gina Sanjaya menyampaikan bahwa PLN Peduli merupakan Program CSR PLN yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat.

“Kami berharap melalui bantuan ini, Lingkungan Loloan dan sekitarnya mampu mengembangkan potensi sehingga tidak hanya melestarikan lingkungan tapi juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat secara perlahan,” jelasnya

Pada kegiatan penanaman pohon kali ini, Tabebuya menjadi pohon yang terpilih karena selain bertujuan untuk merindangkan daerah sekitar aliran sungai juga bertujuan untuk memperkuat struktur tanah di pinggirian sungai sehingga bisa menahan abrasi. (igp)

Related Posts