August 1, 2021
GAYA HIDUP & TEKNOLOGI

PLN Bali Bersama Komunitas Pamerkan Kreasi Motor Listrik, Ketua MPR Bamsoet Terkesan

LiterasiPost.com, Badung –

PT PLN (Persero) UID Bali bekerja sama dengan Komunitas Dewata EV Association (DEVA) ikut Ambil Bagian dalam ajang Mototribe Show bertempat di Lippo Mall, Kuta, Sabtu (26/6/2021). Acara yang juga didukung oleh PLN ini bertemakan “Afternoon Cruisin” diikuti oleh para seniman otomotif lokal Bali dan Nasional dengan memamerkan karya kendaraan modifikasinya. Hal ini bertujuan untuk memasyarakatkan electrifying lifestyle.

Perwakilan Komunitas Motor Listrik Indonesia, Peter Kho, dalam talkshow singkat menyampaikan saat ini Indonesia merupakan negara importir minyak dimana sebagian APBN dibebankan untuk mendatangkan minyak dari luar negeri.

BACA JUGA :  AMB 2021 Siap Dihelat, Berikut Nominatornya

“Indonesia bukan lagi negara eksportir, sehingga ini membebani APBN kita, jika masyarakat banyak yang beralih ke kendaraan listrik, maka APBN bisa surplus dan anggaran dapat dimanfaatkan untuk alokasi lainnya yang lebih bermanfaat,” terangnya.

Selain itu manfaat yang dapat dirasakan jika banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan listrik adalah menurunnya polusi udara dan polusi suara.

“Saat ini polusi udara penyebab utamanya 70 persen berasal dari kendaraan bermotor. Bayangkan jika seluruh masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik, polusi udara hilang, bahkan polusi suara juga hilang,” kata Peter.

BACA JUGA :  Angkasa Pura I Tingkatkan Keamanan Bandara Pascapengeboman Gereja di Makassar

Ia juga mengatakan agar masyarakat tidak lagi ragu jika ingin memodifikasi kendaraannya menjadi kendaraan listrik karena Pemerintah sudah menerbitkan aturan yang jelas, yakni bahkan pemilik kendaraan listrik memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah diperbolehkan untuk melalui jalan-jalan protokol khususnya di Jakarta, yang sebelumnya dilarang untuk dilewati kendaraan bermesin konvensional.

“Industri kendaraan listrik ini sudah didukung Pemerintah, dan PLN sebagai salah satu penggeraknya juga telah menyediakan infrastruktur charging station yakni SPKLU yang memudahkan pengendara listrik untuk mengisi ulang daya,” jelas Peter.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mendownload aplikasi Charge.in yang dapat memberikan informasi letak SPKLU di Indonesia.

BACA JUGA :  Hari Pertama PPKM di Denpasar, 8 Warga Terjaring Langgar Prokes

Manager Pemasaran PLN UID Bali, Oscar Praditya menyampaikan harapannya agar acara ini mampu memberikan kontribusi untuk kebangkitan ekonomi Bali melalui industri otomotif. Ia juga mengajak masyarakat untuk mencoba kendaraan listrik melalui kegiatan test drive yang disediakan selama acara berlangsung, sehingga dapat mengetahui keistimewaannya kendaraan masa depan yang ramah lingkungan ini.

“Silakan masyarakat bisa melakukan test drive kendaraan listrik selama acara berlangsung, karena kami telah menggandeng pihak-pihak seperti Gesits, Makara, United T1800, BF Goodrich, Selis, dan Viar yang telah menyediakan kendaraannya,” ucap Oscar.

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) sempat mengunjungi booth pameran kendaraan listrik. Bambang menyampaikan kesannya saat melihat beberapa kendaraan yang dipajang pada booth yang dikelola komunitas DEVA Bali.

BACA JUGA :  Take Authentic Japanese Cuisine Buka Kembali

“Saya mengapresiasi PLN telah berperan aktif dalam industri kreatif dalam mendorong perkembangan electric vehicle khususnya konversi kendaraan motor menjadi listrik,” ujar Bambang.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya beralih ke kendaraan listrik. (igp/r)

Related Posts