August 1, 2021
BALI

PPKM Darurat, Kodam IX/Udayana Gencarkan Vaksinasi Covid-19 bagi Dewasa dan Anak-anak

LiterasiPost.com, Denpasar | Guna mempercepat pencapaian Herd Immunity, Kodam IX/Udayana melalui Kesehatan Kodam (Kesdam) kembali menggelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 bertempat di Lapangan Tenis Indoor Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar, 3-4 Juli 2021. Vaksinasi kali ini tak hanya menyasar masyarakat dewasa, namun juga anak-anak usia 12-17 tahun.

Seperti diketahui, sebelumnya telah dilaksanakan Serbuan Saju Juta Vaksin setiap hari yang dilakukan serentak oleh TNI-Polri seluruh Indonesia. Namun belakangan kasus Covid-19 di Indonesia, khususnya wilayah Jawa kembali melonjak. Kemudian, Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. Untuk itulah pelaksanaan vaksInasi kian digencarkan, termasuk oleh institusi Kodam IX/Udayana. 

BACA JUGA :  Memaknai 60 Tahun Korem 163/Wira Satya, Gelar Syukuran Sederhana

“Serbuan Vaksinasi kali ini diadakan terkait PPKM Darurat. Masyarakat begitu antusias, di hari pertama kemarin ada sekitar 2.300 peserta, kami stop sampai jam 5 sore. Kami gunakan vaksin Sinovac untuk anak-anak, sedangkan yang dewasa kami siapkan Sinovac dan Astrazeneca tergantung vaksin pertamanya,” ujar Kepala Kesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm I Made Mardika yang ditemui disela-sela kegiatan vaksInasi, Minggu (4/7/2021).

Dikatakan, melihat antusiasnya masyarakat untuk mengikuti vaksinasi membuat formulir yang disediakan di hari kedua pun ludes hingga banyak masyarakat yang mengaku kecewa karena tidak mendapatkannya.

BACA JUGA :  250 Wastafel Didistribusikan Kepada Seluruh Kodim di Bali

“Sudah habis pak, barusan saya tanya petugas katanya formulir sudah habis tadi pagi, mungkin yang bawa formulir itu sebagian sudah kebagian kemarin tapi belum mendapat giliran untuk vaksinasi,” kata Anto saat bertemu wartawan LiterasiPost.com di area luar kegiatan.

Kolonel Ckm I Made Mardika menegaskan tingginya animo masyarakat untuk bervaksin disebabkan gencarnya sosialisasi yang dilakukan. Apalagi, dimasa PPKM Darurat ini semua jenis perjalanan mensyaratkan minimal sudah mendapatkan vaksinasi tahap pertama. 

“Khusus vaksinasi bagi anak-anak ini memang baru diadakan, dan Kodam IX/Udayana yang pertama melaksanakan di Indonesia. Di hari kedua disebar sebanyak 3.000 formulir, dan kami siapkan 5.000 dosis, jadi jangan khawatir akan kami layani sampai sore,” sebutnya.

Kepala Kesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm I Made Mardika menyerahkan bingkisan kepada peserta vaksinasi. (Foto: igp)

Untuk selanjutnya seluruh fasilitas kesehatan (Faskes) Kesdam IX/Udayana di seluruh Bali siap melayani vaksinasi bagi masyarakat. 

Pada kesempatan ini Kepala Kesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm I Made Mardika sempat melakukan penyuntikan vaksin kepada salah seorang peserta, sembari memberikan bingkisan. (igp)

Related Posts