April 14, 2024
EKONOMI & PERBANKAN

Resmi Dibuka, Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 Targetkan Transaksi Rp150 Miliar

LiterasiPost.com, Denpasar | Suasana pandemi Covid-19 tak menghalangi Krista Exhibitions untuk menggelar pameran berskala internasional secara virtual, yakni Virtual Pack Indonesia Expo, Virtual Process Indonesia Expo, Virtual Pharma Indonesia Expo, Virtual ALL Print Paper Pack Expo, dan Virtual Sign, Ad & LED’s Expo 2021.

Pameran yang menampilkan teknologi pengemasan dan pengolahan terkini serta teknologi percetakan, sign & led terkini ini dibuka oleh Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani Mustafa yang ditandai dengan pengguntingan pita, Selasa (24/8/2021).

BACA JUGA :  Pasca Libur Nyepi, Pekerjaan TMMD Kembali Dikebut

Dalam sambutannya pada Opening Ceremony, Rizki Handayani Mustafa mengatakan penyelenggaraan pameran virtual ini sejalan dengan program Kemenparekraf dimasa pandemi ini, yakni adaptasi dan inovasi, yang mengarah pada digitalisasi. Pihaknya menyebutkan, pada tahun 2020 terdapat 624 agenda pameran tetapi yang terlaksana hanya 28 pameran. Akibatnya, terjadi kerugian sekitar Rp44,3 triliun. Kemudian pada tahun 2021 terlaksana sebanyak 3 pameran berskala nasional dan internasional dari 64 pameran yang diagendakan.

“Bagi para pelaku ekonomi kreatif agar tidak berhenti berinovasi, MICE harus digerakkan sehingga bisa bersaing dengan negara lain,” kata Rizki Handayani.

Deputi Bidang Pemasaran Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Rizki Handayani Mustafa. (Foto: igp)

CEO PT Kristamedia Pratama (Krista Exhibitions), Daud Salim menyampaikan pameran perdana ini diikuti oleh 90 peserta, baik lokal maupun internasional dengan target 25 ribu kunjungan. Selain itu lebih dari 15 pelaku UMKM ikut mempromosikan produknya. Dari 5 ragam pameran ini ditargetkan terjadi transaksi sebesar Rp150 miliar.

“Selama lima hari penyelenggaraan hingga 28 Agustus, turut menghadirkan tiga puluh webinar dengan tema menarik yang dibawakan oleh enam puluh pembicara profesional dalam bidang industri percetakan dan kemasan,” jelas Daud Salim.

BACA JUGA :  Kanwil DJPb Bali: Realisasi APBN 2021 Lancar, DAK Fisik Rendah

Ditambahkannya, Krista Exhibitions Virtual Expo 2021 adalah platform virtual yang efektif dan efisien bagi para pelaku usaha untuk bertemu dengan calon pembeli yang potensial. Pengunjung berkesempatan untuk video call dan live chat dengan peserta pameran. Apabila pengunjung ingin melakukan transaksi pembelian, maka pengunjung dapat membeli produk dan meminta sampel dari produk list yang telah terkoneksi dengan link e-commerce maupun website.

Sedangkan, dari sisi peserta pameran mendapatkan analitik visitor yang real time dan lebih detil mencakup jumlah visitor yang mengunjungi booth per hari, data visitor (nama, perusahaan, nomor telepon, email), jumlah view brosur/poster/video, dan jumlah view produk. Para peserta pameran juga dapat bertukar kartu nama dengan visitor. Kemudahan lainnya yang didapatkan oleh peserta pameran yaitu dapat me-upload dan mengatur sendiri file poster, brosur, foto produk & preview langsung di booth virtualnya.

BACA JUGA :  Polda Bali Akan Terapkan Penggunaan Busana Adat Bali dan Endek

Opening Ceremony dirangkai dengan kunjungan virtual pameran (VIP Tour). “Penyelenggaraan pameran virtual ini diharapkan dapat mengembangkan teknologi dan menciptakan ide-ide terbaru di tengah pembatasan jarak sosial untuk mendorong pelaku usaha di industri kemasan dan percetakan, menciptakan kreativitas dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan memberikan informasi mengenai perkembangan teknologi terbaru dalam bidang kemasan dan percetakan, serta sebagai titik pertemuan bagi para industri percetakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebutuhan industri percetakan dan kemasan di masa pandemi ini,” pungkasnya.

Pameran terbuka bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum, mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Para pengunjung dapat melakukan registrasi online https://kristamediaonline.com/. (igp)

Related Posts