August 1, 2021
PENDIDIKAN

Siswa SMKN 5 Denpasar Jalani Vaksinasi Covid-19

LiterasiPost.com, Denpasar | SMK Negeri 5 Denpasar melaksanakan vaksinasi bagi siswa kelas 11 dan 12 bertempat di aula sekolah setempat, Kamis (8/7/2021). Pelaksanaan vaksinasi tersebut melibatkan tim vaksinator dari Polda Bali.

“Ini (vaksinasi Covid-19) merupakan implementasi program Pemerintah Pusat yang diteruskan oleh Pemprov Bali bagi anak-anak usia 12 sampai 17 tahun. Guru dan pegawai kami sudah semua divaksin secara bergilir sejak Februari lalu. Kini giliran anak-anak, dan kami sambut dengan gembira,” ujar Kepala SMKN 5 Denpasar, I Made Buda Astika, S.Pd, M.Pd saat ditemui disela-sela kegiatan vaksinasi.

BACA JUGA :  Siswa Terbanyak, SMAN 7 Denpasar Terapkan Strategi Belajar

Di hari pertama, vaksinasi ditujukan untuk 665 siswa kelas 12. Kemudian di hari kedua, Jumat (9/7/2021) akan dilanjutkan untuk 747 siswa kelas 11. Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac.

“Semua siswa wajib menjalani vaksinasi, kecuali ada alasan medis. Selain itu, jika ada siswa yang berada jauh di desa dan di tempat tersebut sudah menjalani vaksinasi, maka tidak perlu lagi di sekolah. Khusus calon siswa kelas 10 menjalani vaksinasi di sekolah asal mereka,” jelasnya.

Buda mengatakan, vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk membentuk daya tahan sekaligus meningkatkan imun tubuh para siswa sehingga memiliki kekebalan terhadap Covid-19. Dengan begitu, pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan kembali, terlebih sekolah kejuruan memang sangat membutuhkan belajar tatap muka.

Siswa SMKN 5 Denpasar menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto: igp)

“Meski nantinya belajar tatap muka, prokes dan daring tetap diterapkan,” ucapnya.

Salah satu siswa kelas 12 Prodi Seni Tari, Fina mengaku merasa “plong” karena telah menjalani vaksinasi. Ia pun sempat merasa takut, namun setelah menjalani vaksinasi ternyata tidak merasakan sakit.

“Sebelum menjalani vaksinasi, saya sarapan dulu dan minum susu, serta tidur malam lebih awal. Untunglah setelah divaksin tidak terjadi apa-apa. Saya senang agar daya tahan tubuh meningkat,” ungkapnya sembari berharap pandemi Covid-19 segera sirna.

 

Masih Buka Pendaftaran untuk Seni Tari dan Seni Karawitan

Sebagaimana diketahui, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di Provinsi Bali telah berlangsung dan diakhiri dengan tahapan pendaftaran ulang pada 7 Juli 2021.

SMK Negeri 5 Denpasar cukup beruntung karena jumlah pendaftar membludak, khususnya untuk Bidang Keahlian (BK) Jasa Boga, BK Akomodasi Perhotelan dan BK Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Namun, pihak sekolah tetap menerima siswa sesuai daya tampung yang ada.

BACA JUGA :  Kasdam IX/Udayana Turut Jalani Vaksinasi Covid-19 Perdana

“Jasa Boga paling favorit, kami akan terima 180 orang atau lima rombel, lalu Akomodasi Perhotelan juga lima rombel, dan UPW sebanyak 108 orang atau tiga rombel,” sebut Buda.

Berbeda halnya dengan BK Seni Tari dan BK Seni Karawitan, hingga penutupan PPDB belum mencapai target yang diinginkan, yakni masing-masing 3 rombel atau 108 orang. Untuk itu pihaknya masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat.

BACA JUGA :  800 Siswa SMP Dwijendra Denpasar Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap I

“Dua keahlian ini sangat berkaitan dengan bakat dan minat, jadi yang mau mengisi kekosongan tersebut silakan. Kebijakan ini sudah mendapat izin dari Bapak Kepala Disdikpora Bali,” ungkapnya.

Pihaknya pun menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Bali dan Kepala Disdikpora Bali karena sistem PPDB tahun ini sangat baik sehingga semua proses berjalan lancar. (igp)

Related Posts