April 23, 2021
PENDIDIKAN

Berjaya Raih Juara Umum Lomba LLDIKTI, UPMI Tunjukkan Eksistensi

LiterasiPost.com, Denpasar –
Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) tak hanya berprestasi di tingkat daerah, tetapi juga berjaya di kancah Nasional. Terbukti, kampus yang dulunya bernama IKIP PGRI Bali ini sukses menjadi Juara Umum pada perlombaan virtual bidang seni dan olahraga serangkaian HUT ke-39 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII tahun 2021.

Rektor UPMI, Dr. I Made Suarta, SH, M.Hum mengatakan pada perlombaan tersebut, UPMI berhasil menyabet 3 medali Emas dan 1 medali Perak. Medali Emas atau Juara 1 diraih pada Lomba Pidarta/Pidato Bahasa Bali (Putu Nirani Nusantari), Lomba Pidato Bahasa Indonesia (Gusti Ayu Tirtaningsih) dan Lomba Menyanyi Lagu “Gering Covid” (AAA Istri Ray Mayuni). Sedangkan medali Perak atau Juara 2 diraih pada Lomba Menyanyi Lagu “Uripe Maguna” (Padma Wahini).

BACA JUGA :  SMKN 5 Denpasar Gelar UKK dan UK LSP P1

“Saya tidak menyangka sampai ke situ (Juara Umum) karena lomba ini melibatkan perguruan tinggi di Bali dan NTB. Di Bali saja banyak yang hebat. Saya juga kaget karena kemampuan mahasiswa kami bisa bersaing di kancah lebih tinggi. Kalau soal Bahasa Bali sangat yakin kami unggul,” kata Suarta yang sangat konsen dengan seni ini.

Ditambahkannya, perlombaan ini memang baru pertama kali diadakan oleh LLDIKTI dengan tujuan untuk menggairahkan kegiatan di masa pandemi sehingga mahasiswa tetap bisa berkreativitas.

(Foto: ist)

“Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini juga sangat tepat supaya potensi yang dimiliki mahasiswa semakin berkembang,” imbuhnya.

Suarta mengatakan hadiah dan piala dari LLDIKTI sudah diterima pada 19 Februari 2021 lalu. Kemudian hadiah tersebut diserahkan kepada masing-masing pemenang bersamaan dengan penyerahan hadiah lomba yang berkaitan dengan Bulan Bahasa Bali UPMI bertempat di Auditorium Redha Gunawan kampus setempat, Jumat (26/2/2021).

Bagi UPMI sendiri, perolehan Juara Umum ini memiliki arti penting. Menurut Suarta, secara psikologis dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dan pembina. Selain itu menunjukkan bahwa proses pembinaan khususnya bidang non-akademik berjalan sesuai dengan harapan.

BACA JUGA :  TPID Tabanan Bersinergi Wujudkan Pertanian Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

“Prestasi gemilang ini juga menunjukkan kepada masyarakat terkait eksistensi UPMI, serta sebagai alat evaluasi diri – cermin diri (UPMI) sehingga tahu kekurangan, kelemahan untuk diperbaiki selanjutnya melangkah lebih jauh ke depan,” pungkas Suarta. (igp)

Related Posts