March 1, 2024
BALI

Hadir di Bali, Rumah Singgah Yayasan RMHC Layani Pasien Indonesia Timur

LiterasiPost.com, Denpasar | Rumah Singgah Ronald McDonald House Denpasar dari Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) mulai beroperasi dan menerima keluarga pasien anak yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit di sekitar kawasan Denpasar, Kamis (9/9/2021).

Yayasan Ronald McDonald House Charities (Yayasan RMHC) hadir di Indonesia sejak 14 Februari 2011 adalah lembaga nirlaba yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Indonesia dengan jaringan global di 62 negara. Yayasan ini memiliki tiga program utama yaitu Ronald McDonald Care Mobile (RMCM), Ronald McDonald Family Room (RMFR) dan Ronald McDonald House (RMH). RMH merupakan rumah singgah bagi keluarga dan pasien anak dengan penyakit kronik yang sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit.

BACA JUGA :  PPID UNUD Selenggarakan Rakor Bahas Daftar Informasi Publik dan Daftar Informasi Dikecualikan

Yayasan RMHC memilih Bali sebagai lokasi penambahan program dikarenakan Bali merupakan rujukan terbesar bagi pasien-pasien yang berasal dari Indonesia bagian Timur. Rumah Singgah Ronald McDonald House ketiga ini berlokasi di Jl. Diponegoro Gg. Pertani Dauh Puri Klod, Denpasar Barat diperuntukkan bagi pasien anak dan keluarganya yang sedang mendapatkan pengobatan di 4 rumah sakit, yaitu RSUP Sanglah Denpasar, RSU Prima Medika Denpasar, RSU Surya Husadha Denpasar, dan RSUD Bali Mandara.

Rumah Singgah Ronald McDonald House terdiri dari 4 lantai dengan 25 kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang makan, ruang mencuci, perpustakaan, entertainment area, dan tempat bermain anak dengan luas bangunan 479.9 m².

Pembukaan Ronald McDonald House Denpasar ini disambut baik oleh Direktur Utama RSUD Bali Mandara yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, MPPM.

BACA JUGA :  Pergantian President, 10 Rotary Club District 3420 Bali Area Komit "Ngayah" untuk Masyarakat

“Saya sangat mengapresiasi hadirnya Rumah Singgah Ronald McDonald House di Denpasar. Semoga ini menjadi satu solusi yang baik, yang bisa membantu para pasien anak dan keluarganya yang sangat membutuhkan,” ujar Suarjaya.

Ketua Yayasan RMHC, Caroline Djajadiningrat berharap dengan dibukanya rumah singgah ini, para orang tua yang sedang menemani buah hatinya dalam menjalani pengobatan dapat merasa nyaman karena dapat selalu berdekatan dengan putra putri mereka sehingga dapat fokus pada proses pengobatannya. Selain itu kehadiran rumah singgah di Bali ini dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak keluarga pasien anak di Indonesia Timur, yang berarti Yayasan RMHC menambah jangkauan bantuannya di wilayah ini.

“Kami menghaturkan terima kasih untuk kerja sama dan kepercayaan yang diberikan oleh mitra-mitra rumah sakit serta atas dukungan para donatur termasuk para pelari Team RMHC 2019 di ajang New York Marathon, sehingga pembangunan rumah singgah Ronald McDonald House dapat terwujud dan resmi beroperasi,” ujar Caroline.

BACA JUGA :  Perayaan HUT ke-61 BKFK UNUD Usung Harmonisasi

Sebelum dibukanya Rumah Singgah Ronald McDonald House Denpasar telah dilakukan upacara “Melaspas”, dengan tujuan agar keberadaan dan operasional rumah singgah dapat berjalan dengan lancar, aman dan bermanfaat bagi keluarga pasien anak.

Sebelumnya Yayasan RMHC membuka 2 rumah singgah di DKI Jakarta dan sudah melayani lebih dari 900 keluarga pasien anak yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. (igp/r)

Related Posts