August 2, 2021
BALI

Kodim Bangli Bersama Instansi Terkait Bersihkan Longsor

LiterasiPost.com, Bangli –
Hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli pada Jumat (29/1/2021) sore mengakibatkan longsor yang menimbun jalan penghubung Desa Sukawana.

Agar kondisi jalan kembali normal, personel Kodim 1626/Bangli bersinergi dengan instansi terkait bersama masyarakat bergotong-royong untuk melakukan normalisasi longsoran tanah yang menutup badan jalan di Jalan Desa Sukawana, Kintamani Bangli, Sabtu (30/1/2021).

BACA JUGA :  Sosialisasikan Stimulus Listrik, PLN UID Bali Bersama RAPI Gelar Sinergi Kemitraan

Untuk memastikan jalan kembali normal, anggota Kodim 1626/Bangli terjun ke lapangan bersinergi dengan Polri, BPBD, Dinas PU, Aparat Desa serta masyarakat Desa Sukawana bahu membahu membersihkan longsor.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, S.I.P., mengatakan pihaknya menerima laporan dari jajaranya tentang terjadinya tanah longsor di Desa Sukawana.

“Ya, sejak Selasa sore wilayah Bangli diguyur hujan deras, akibatnya terjadi tanah longsor di Desa Sukawana,” kata Dandim.

“Pihaknya memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan kegiatan karya bakti bergabung bersama instasi terkait di lapangan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  PLN UID Bali Siaga Hadapi Bencana Alam

Sementara itu Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Chb I Komang Gita, yang langsung ada di lokasi kejadian bersama Perbekel Desa Sukawana I Ketut Nonog, mengatakan adapun penyebab longsor dikarenakan guyuran hujan yang berlangsung cukup lama ditambah tebing tidak terdapat dinding penahan tanah (retaining walls) mengakibatkan tebing setinggi 15 meter longsor dan menutup badan jalan.

“Seluruh proses pembersihan material tanah longsor dan pohon tumbang yang melibatkan aparat dan masyarakat dapat berjalan aman, lancar dan jalan dapat berfungsi normal kembali,” jelas Danramil. (igp/r)

Related Posts