August 1, 2021
PARIWISATA & SENI BUDAYA

Kasdan 10.0 “Berbagi di Tengah Pandemi Tidak Merugi”

LiterasiPost.com, Denpasar –
Di masa pandemi Covid-19, aksi sosial berbagi dan silaturahmi di Bulan Suci Ramadhan yaitu Kasih Ramadan (Kasdan 10.0) kembali digelar untuk yang ke-10 kalinya.

Kasdan adalah kegiatan tahunan di Bulan Suci Ramadan berupa berbuka bersama anak-anak panti asuhan, serta memberikan santunan kepada puluhan anak yatim piatu dan dhuafa.

Kasdan 10.0 digelar pada Sabtu (8/5/2021) di empat lokasi berbeda. Keempat tempat tersebut berada di wilayah Kota Denpasar, yakni RRI Denpasar, Sekretariat Pawang, Mushala Ar-rahman, dan PP Syafa’ah Darussalam.

BACA JUGA :  AMB 2021 Siap Dihelat, Berikut Nominatornya

Berbeda dari sebelumnya, Kasdan 10.0 pada tahun ini bertemakan ”Berbagi di Tengah Pandemi Tidak Merugi”. Kasdan 10.0 ini digelar secara online atau virtual yang terkoneksi dan live streaming di Facebook ‘Kasih Ramadan Bali’.

Ketua Panitia Kasdan 10.0 2021, Hendra WS mengungkapkan Kasih Ramadan itu berawal dari inisiatif kepedulian terhadap anak-anak panti asuhan sejak tahun 2012 dari beberapa institusi di antaranya Keluarga Jurnalis Bali, JPPro Bali dan BOC Indonesia.

“Di empat tempat acara, masing-masing sudah disetting agar tetap taat menerapkan imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan, seperti memakai masker dan physical distancing,” ungkap Hendra.

BACA JUGA :  Tujuh BUMN Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata Tanah Air

Menghadirkan 100 anak dari 414 peserta anak-anak yatim piatu dan dhuafa. Sistemnya adalah masing-masing venue acara hanya melibatkan 25 anak untuk meminimalisir kerumunan.

“Tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, kita adakan tatap muka bersama ratusan anak. Namun sekarang tidak bisa, maka Kasdan 10.0 diadakan secara virtual. Anak yatim piatu dan dhuafa jumlahnya sudah disesuaikan. Tetapi santunan tetap kami antar langsung ke masing-masing anak,” ucapnya.

Kasdan diisi beberapa kegiatan, di antaranya tausiyah, pemberian santunan, game, doorprize, dan diakhiri dengan doa untuk keselamatan umat dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Siswa Terbanyak, SMAN 7 Denpasar Terapkan Strategi Belajar

“Sebelum pandemi, sebenarnya Kasdan mengadakan buka puasa bersama. Namun buka puasanya untuk tahun ini ditiadakan karena tidak boleh atau dilarang oleh pemerintah,” tambahnya.

Acara ini didukung oleh Keluarga Jurnalis Bali (KJB), JPPro Bali, BOC Indonesia, Boom Production, Paguyuban Warga Nganjuk (Pawang) di Bali, DPD IVENDO Bali, Dewata Printing, Bali Island Printing, dan Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Tokyo, Causa Iman Karana beserta lainnya.

Hendra mengutarakan rasa terima kasihnya kepada seluruh personal, organisasi, komunitas, institusi dan perusahaan yang mendukung penuh acara Kasdan di setiap tahunnya, bahkan di masa pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA :  Libur Panjang, Bandara Ngurah Rai Layani 92 Ribu Penumpang Domestik

“Perlu disampaikan bahwa donatur Kasdan adalah dari beragam latar belakang agama yang punya nilai-nilai kemanusiaan yang sama. Mungkin kita tidak bisa sebutkan satu-persatu. Semangat dan rasa syukur kita semua, meskipun di masa pandemi tetap berbagi dan Kasdan 10.0 terlaksana dengan baik. Semoga pandemi cepat berlalu,” pungkasnya. (igp/r)

Related Posts