July 28, 2021
PARIWISATA & SENI BUDAYA

Walikota Jaya Negara Hadiri Puncak Karya dan Resmikan Banjar Kedaton Kesiman

LiterasiPost.com, Denpasar –
Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menghadiri Puncak Karya Mecaru Rsi Gana dan Panca Sanak Madurga, Melaspas dan Ngenteg Linggih Mupuk Pedagingan, Piodalan Ngenteg Linggih Pedudusan Alit di Banjar Kedaton, Desa Adat Kesiman, Sabtu (20/3/2021) bertepatan dengan hari Tumpek Wariga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali Wayan Koster, Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede sekaligus tokoh masyarakat Banjar Kedaton, serta undangan lainnya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA :  Pemkot Denpasar Siapkan Vaksinasi Covid-19 Masal Untuk Nakes

Rangkaian Puncak Karya diawali dengan pelaksanaan Upacara Ngenteg Linggih yang dipimpin oleh Ida Pedanda Gede Oka Purwa dari Griya Gede Sari, Banjar Ujung, Desa Kesiman. Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara mengikuti persembahyangan bersama serta melakukan penandatanganan prasasti dan peresmian Banjar Kedaton, Desa Adat Kesiman, disaksikan Gubernur Bali Wayan Koster.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara berharap dengan usainya renovasi/pembangunan hingga melaksanakan upacara ini agar dapat meningkatkan sradha dan bhakti masyarakat Banjar Kedaton Kesiman.

BACA JUGA :  Dihelat Virtual, International Animal Photo Competition 2021 Siapkan Hadiah Ratusan Juta

“Pelaksanaan Yadnya ini tentu sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Diharapkan pelaksanaan Yadnya ini dapat memberikan energi dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagad Bali serta menetralisir hal- hal negatif melihat berbagai situasi yang terjadi dewasa ini demi terciptanya keseimbangan jagad beserta isinya,” ujar Jaya Negara.

“Ini adalah bagian dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentunya kami berharap dengan selesainya pembangunan Banjar Kedaton Kesiman ini dapat memberikan manfaat secara sekala dan niskala bagi masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Kodim Jembrana Gencarkan Patroli Disiplin Prokes

Sementara Manggala Karya, I Gusti Ketut Agung bersama Tokoh Masyarakat Banjar Kedaton, I Gusti Ngurah Gede mengatakan, seluruh rangkaian upacara telah dimulai sejak 11 Februari 2021 lalu yang diawali dengan Mapejati ke Pura Khayangan Tiga dan Pura Penyanda Banjar. Dilanjutkan Nanceb Tungguh Surya serta Mrayascita Tungguh dan Uparengga. Selanjutnya pada 26 Februari 2021 dilaksanakan Upacara Melaspas dan Mecaru. Pada 3 Maret 2021 dilaksanakan upacara Negteg Beras, dilanjutkan Ngingsah pada 16 Maret 2021.

Sehari sebelum Puncak Karya dilaksanakan upacara Melasti dan Mendak Siwi. Sedangkan Puncak Karya dilaksanakan bertepatan dengan Piodalan Pura Banjar Kedaton Kesiman pada Tumpek Wariga, Sabtu, 20 Maret 2021. Sebagai pemuput karya (penutup) akan dilaksanakan upacara Nyegara Gunung pada Minggu, 28 Maret mendatang.

BACA JUGA :  Polda Bali Akan Terapkan Penggunaan Busana Adat Bali dan Endek

“Tentunya selaku panitia dan masyarakat Banjar Kedaton, Desa Adat Kesiman, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan atas selesainya pembangunan Banjar Kedaton Kesiman ini,” ujarnya (igp/r)

Related Posts